Jumat, April 12, 2013

Teman Facebook Tak Bisa Menggantikan Teman di Dunia Nyata





Berapa banyak teman yang Anda miliki di jejaring sosial Facebook? Jangan bangga dulu jika memiliki teman banyak di Facebook. berdasarkan keterangan psikolog, teman di Facebook tak akan bisa menggantikan teman di dunia nyata.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang lebih berbahagia dan tertawa 50 persen lebih sering ketika berbicara dengan teman secara tatap muka atau melalui webcam dibandingkan ketika mereka berinteraksi lewat jejaring sosial.

Dr Sam Roberts, dosen senior di University of Chester menjelaskan bahwa situs jejaring sosial tak bisa membuat orang memiliki sahabat sejati. Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, Roberts tak menemukan adanya kaitan antara penggunaan Facebook, jumlah teman, dengan kedekatan penggunanya.

"Kesimpulannya adalah bahwa kualitas hubungan seseorang tak bergantung pada kuantitas komunikasi mereka, namun pada kualitas. Bahkan Skype lebih baik untuk meningkatkan kualitas hubungan daripada hanya lewat Facebook," ungkap Dr Roberts, seperti dilansir oleh Daily Mail (09/04).

Orang menemukan bahwa hubungan yang paling dekat hanya dengan beberapa sahabat terdekat mereka dengan lingkaran luar sekitar 10 orang. sementara orang yang menggunakan Facebook untuk mencari teman pada akhirnya akan kecewa.

Dalam penelitian lanjutan peneliti mengamati interaksi teman melalui Skype, telepon, pesan singkat, dan jejaring sosial selama 14 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang berkomunikasi secara tatap muka atau lewat Skype berkemungkinan 50 persen lebih besar untuk tertawa dan lebih dekat dibandingkan dengan berkomunikasi lewat jejaring sosial.


sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

Mari tinggalkan komentar (: